2 Manfaat Abu Rokok untuk Kesuburan dan Kesehatan Tanaman

2 Manfaat Abu Rokok untuk Kesuburan dan Kesehatan Tanaman

 

 

2 Manfaat Abu Rokok untuk Kesuburan dan Kesehatan Tanaman

 

Abu rokok disebut memiliki manfaat untuk membantu tanaman tumbuh subur dan sehat. Padahal, selama ini abu rokok dianggap sebagai sampah atau limbah yang mengotori lingkungan. Abu rokok juga berbahaya jika terhirup ke dalam saluran pernapasan. Akan tetapi, di balik bahaya yang dikandungnya, abu rokok dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada tanaman.

Manfaat abu rokok untuk tanaman Berikut ini beberapa manfaat abu rokok untuk tanaman:

1. Membasmi hama pada tanaman

Dikutip dari kanal YouTube Channelnya Kang Japra melalui KOMPAS.com, racun yang terdapat pada abu rokok ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama pada tanaman. Baca juga: Usir Kecoak dari Rumah dengan 3 Tanaman Ini Kandungan nikotin dan aromanya yang menyengat ternyata tidak disukai hama, terutama kutu putih, sehingga tak ada hama yang mau mendekati tanaman.

2. Menyuburkan tanaman dan media tanam

Selain itu, abu rokok juga berguna untuk menyuburkan media tanam dan menguatkan bibit tanaman. Abu rokok juga mengandung kalium yang dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman dan media tanam.

Cara memanfaatkan abu rokok untuk tanaman Cara mengaplikasikan abu rokok pada tanaman hias sangat mudah, cukup taburkan secara perlahan ke area media tanam setiap dua minggu sekali. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan ketika melakukannya. Pastikan abu rokok tidak mengenai area barang dan daun tanaman, sebab racun yang dikandungnya tetap berbahaya bila terkena tanaman secara langsung. Baca juga: Cara Membasmi Hama Tanaman dengan Menggunakan Puntung Rokok Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat larutan abu rokok. Campurkan abu rokok dengan air secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Masukkan larutan abu rokok ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke area media tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.