6 Tips Menjaga ‘Kewarasan’ Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

6 Tips Menjaga ‘Kewarasan’ Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

 

6 Tips Menjaga ‘Kewarasan’ Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

6 Tips Menjaga ‘Kewarasan’ Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

Ibu rumah tangga harus bahagia
Menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja adalah pilihan masing-masing. Setiap pilihan tentu saja ada konsekuensinya. Begitu juga dengan ibu rumah tangga, ada tantangan yang harus dihadapi setiap harinya. Mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah setiap hari mungkin akan membuat bosan.

Berbeda dengan ibu bekerja yang setiap hari keluar rumah dan bertemu dengan teman. Ibu rumah tangga rentan mengalami kejenuhan dengan rutinitasnya setiap hari. Terlebih lagi jika jarang jalan-jalan keluar rumah, duh pasti bosan. Oleh karena itu, ibu rumah tangga juga perlu melakukan kegiatan yang disukai agar tidak stres. Berikut beberapa tips untuk ibu rumah tangga agar tetap “waras”.

1. Me time

dengan mengerjakan hal yang disukai Membaca, crafting, nonton film atau drama, menulis, dll. Untuk ibu rumah tangga jangan lupa meluangkan waktu untuk me time atau melakukan hobi. Misalnya saat anak tidur atau minta suami bergantian menjaga anak.

Dengan me time bisa membantu merecharge energi. Melakukan hobi juga bisa menjadi sarana aktualisasi diri untuk ibu rumah tangga. Dengan begitu rasa bosan akan hilang dan kamu akan kembali semangat menjalani hari.

2. Jangan pasang standar tinggi untuk kerapian

Mempunyai anak kecil atau balita mungkin akan membuat rumah sering berantakan. Mainan berserakan di sana-sini, remah-remah makanan berceceran, atau peralatan rumah yang belum sempat dirapikan karena menemani si kecil. Jika kamu mengharuskan rumah selalu rapi maka akan membuat stres sendiri. Ada baiknya kamu menurunkan standar kerapian.

Saat kondisi rumah berantakan karena mainan maklumi saja, anggap saja itu sebagai sarana belajar anak. Kamu bisa menyiasati dengan menyediakan ruang khusus untuk bermain sehingga hanya satu ruang saja yang berantakan dengan mainan anak. Serta ajarkan anak sejak dini untuk membereskan mainannya sendiri.

3. Ikut komunitas yang sesuai

Zaman sekarang banyak komunitas untuk ibu rumah tangga. Misalnya komunitas parenting, ibu profesional, komunitas baby wear, dll. Di dalam komunitas tersebut biasanya juga banyak ilmu yang bisa didapat seputar pengasuhan anak, kesehatan anak dan manajemen rumah tangga. Dengan begitu ibu rumah tangga tetap bisa update ilmu serta menambah kenalan

 

4. Mencari teman seperjuangan

 

Mempunyai teman senasib seperjuangan akan membuatmu tidak merasa sendirian. Carilah teman sesama ibu rumah tangga yang bisa diajak sharing dan playdate agar tidak merasa bosan.

5. Kurangi waktu untuk memantau media sosial

 

Kadang isi media sosial orang lainlah yang membuat diri sendiri merasa minder. Melihat teman yang sudah bekerja dengan karir yang bagus atau melihat kehidupan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan bisa membuatmu berkecil hati.

Padahal yang terlihat di media sosial tidak menggambarkan kehidupan orang itu secara keseluruhan. Oleh karena itu lebih baik puasa dari sosial media. Dan buka media sosial untuk hal positif saja, misalnya mencari informasi seputar parenting, resep masakan atau kesehatan

6. Istirahat cukup

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga mungkin akan membuatmu kelelahan. Oleh karena itu kamu tetap harus cukup istirahat. Saat anak tidur kamu bisa memilih ikut tidur untuk merehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.