8 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Rp2 Jutaan

8 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Rp2 Jutaan

 

 

8 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Rp2 Jutaan

 

Memulai usaha bisa dilakukan oleh siapapun. Tak terkecuali oleh ibu rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang mungkin ingin memulai usaha tetapi bingung menentukan usaha apa yang ingin dijalankan. Jangan bingung ya Bu, Ibu! Ibu rumah tangga bisa memanfaatkan waktu luang di rumah untuk berbisnis sampingan. Bagaimana soal modalnya? Dengan modal Rp2 jutaan, ibu rumah tangga pun bisa memulai usaha. Berikut ide usaha sampingan yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga dikutip dari Lifepal.

1. Jasa jahit non obras

Ibu rumah tangga bisa memulai usaha jasa jahit non obras. Mesin jahit bekas di pasaran masih bisa ditemukan dengan harga mulai Rp2 juta. Modal lainnya yang perlu disiapkan seperti jarum dan benang. Dua perlengkapan tersebut bisa disiapkan dengan modal mulai Rp200.000. Buat ibu rumah tangga yang belum bisa ngejahit, tersedia workshop-workshop yang diselenggarakan secara online. Para ibu rumah tangga bisa memanfaatkan konten-konten yang ada di Youtube.

2. Katering

Ibu rumah tangga tentu punya kemampuan memasak. Usaha sampingan seperti katering bisa dijadikan usaha sampingan. Usaha katering pun juga bisa dilakukan dengan metode pre-order. Dengan modal Rp2 juta tentu sudah banyak hidangan yang bisa digarap.

3. Jualan jajanan pasar

Selain masak, tentu gak sedikit ibu rumah tangga yang suka membuat kue seperti pastel, risol, dan sebagainya. Gimana kalau membuat jajanan itu untuk dijual lagi? Selain membuat sendiri, ada juga kok jajanan pasar yang sudah siap dijual. Cobalah berburu ke pusat jajanan pasar yang biasanya sudah mulai berjualan sejak subuh.

4. Warung sarapan

Sesuai judulnya, warung ini menjual hidangan untuk sarapan. Apalagi kalau bukan nasi uduk, nasi ulam, atau nasi kuning, serta lauk pauknya yang sederhana. Cuma modal etalase dan meja, kamu sudah bisa buka usaha ini di depan rumah.

5. Toko kelontong

Jualan snack, kopi, rokok, roti, atau air minum saja mungkin cukup dengan modal Rp3 jutaan. Lambat laun, ketika labanya sudah bertambah kamu bisa mengembangkan usaha itu jadi jualan sembako.

6. Waralaba makanan dan minuman

Kenapa usaha waralaba dipilih? Karena mereka tinggal menjual makanan atau minuman yang sudah punya brand dan target pasar. Bahkan, yang modal awalnya Rp2 jutaan pun ada.

7. Jualan sayur

Sebelum subuh tiba tentu sudah harus ada di pasar untuk belanja dan borong sayuran. Setelah itu, ibu rumah tangga bisa ngelapak di depan rumah bermodalkan etalase. Tetangga-tetangga yang lagi cari sayur-mayur tentu terbantu dengan daganganmu.

8. Frozen Food

Semenjak wabah virus Covid-19 menyebar di Indonesia, banyak bisnis rumahan frozen food yang dirintis oleh ibu rumah tangga. Selain mudah dan praktis, makanan yang satu ini juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga menjadi pilihan sebagian orang yang malas atau takut pergi mencari makanan keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.