Ponsel menjadi piranti penting yang dipakai sehari-hari, baik untuk berkomunikasi, maupun kebutuhan hiburan lainnya. Kendati demikian, seperti barang elektronik lainnya, ponsel juga bisa rusak, bahkan terbakar. Penyebabnya bisa karena komponen ponsel yang memang rusak, pemakaian yang tidak sesuai peruntukkan, hingga sebab teknis lainnya. Lantas, apa saja pemicu ponsel terbakar dan bagaimana cara pencegahannya? :

Ada 5 penyebab atau pemicu mengapa ponsel bisa terbakar, yakni:

1. Ponsel yang rusak

Ponsel yang mengalami kerusakan seperti layar atau body retak sangat berisiko jika tetap digunakan, karena air atau keringat bisa masuk ke dalam komponen ponsel dan merusak baterai.

2. Charger palsu

Pengisi daya atau charger ponsel yang non-original (palsu) tidak terjamin bagus karena bisa menyebabkan perangkat rusak, bahkan terbakar atau meledak.

3. Baterai non-original

Jika Anda menggunakan baterai non-original, maka siap-siap menghadapi masalah yang serius. Karena baterai berkaitan dengan kualitas lithium-ion yang ditawarkan. Baterai yang tidak original berpotensi menyebabkan panas berlebih dan bisa memicu ledakan atau terbakar. Baca juga: Apple Akan Sediakan Layanan Langganan iPhone?

4. Suhu panas

Selanjutnya, ponsel yang sudah dalam kondisi panas sebaiknya diistirahatkan. Hentikan dari semua aktivitas, cabut charger, dan segera cari benda yang bisa mendinginkan perangkat.

5. Servis HP

di tempat tidak resmi Jangan perbaiki ponsel Anda di tempat servis yang tidak terpercaya. Sebaiknya, kunjungi layanan service center resmi apabila ingin memperbaiki kerusakan perangkat. Sebab, tempat servis lokal biasanya tidak memiliki alat yang tepat untuk memperbaiki perangkat tertentu.

6. Charge baterai

di tempat panas Faktor lain yang menyebabkan ponsel terbakar yakni melakukan pengisian daya di tempat yang panas. Sebab, paparan suhu tinggi atau sinar matahari langsung, terutama saat mengisi daya ponsel bisa membuat ponsel mengalami overheating.

Pencegahan agar ponsel tidak terbakar Setelah mengetahui apa saja penyebab ponsel terbakar, berikut langkah-langkah pencegahannya:

1. Jangan pakai saat sedang di-charge

Dikutip dari Kompas.com, (26/4/2019), langkah pertama agar ponsel tidak terbakar, yakni jangan menggunakan ponsel dalam kondisi sedang diisi baterainya. Sebab, bagian dalam ponsel (khususnya baterai) akan mengalami peningkatan suhu dan jika saat itu Anda menggunakan ponsel, maka membuat daya ponsel terkuras dan terbebani.

2. Matikan ponsel

jika basah Salah satu langkah pencegahan lainnya yakni segera matikan ponsel jika masih dalam kondisi basah dan hindari penggunaan sampai ponsel benar-benar kering. Anjuran ini juga berlaku pada ponsel yang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu.

3. Hindari “charger case”

palsu Lagi-lagi, aksesori ponsel memiliki kualitas bervariasi, terutama dari segi kelistrikan. Beberapa produsen membuat aksesori casing yang memiliki baterai terintegrasi, sehingga bisa berfungsi sebagai power bank. Nah, apabila ingin menggunakan aksesori macam charging case ini, sebaiknya pilih yang memang original, resmi berasal dari pabrikan ponsel supaya ada jaminan kualitas.

4. Jangan isi baterai di tempat tidur

Mengisi daya baterai di bawah bantal membuat ponsel kepanasan dan membahayakan pemilik apabila sedang terlelap. Hal ini bisa diperparah jika Anda menggunakan baterai tidak resmi dan beberapa barang di kasur yang mudah terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya jangan letakkan ponsel di tempat tidur saat sedang diisi baterainya.

5. Jangan asal colok

Tak semua outlet (colokan) listrik memiliki keluaran listrik yang stabil atau aman. Beberapa malah berbahaya buat charger dan ponsel. Sebaiknya hindari outlet yang tampak meragukan, seperti ada bekas kerusakan, tercerabut, apalagi hangus.

6. Gunakan baterai asli

Meski ponsel masa kini menggunakan desain unibody, baterainya bisa tetap diganti. Namun, seperti halnya charger, kualitas baterai pun dapat berbeda-beda. Supaya terjamin aman, pakailah baterai asli yang berasal dari vendor ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.