Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Pengganti Pot Tanaman

Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Pengganti Pot Tanaman

 

 

Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Pengganti Pot Tanaman

 

Merawat dan mengoleksi tanaman hias kini menjadi hobi yang banyak digemari. Selain bisa melepas stres, berkebun tanaman hias juga bisa mempercantik tampilan rumah. Salah satu perangkat yang harus dipunya dalam hobi tanaman hias adalah pot tanamannya. Ada banyak pot tanaman dalam berbagai model dan jenis yang dijual di pasaran. Harganya pun beragam. Namun sebagai alternatif, Anda yang hobi tanaman hias bisa menghemat biaya pengeluaran dengan memanfaatkan barang bekas untuk digunakan ulang menjadi pot tanaman. Baca juga: Tak Perlu Beli, 6 Barang Bekas Ini Bisa Jadi Pengganti Pot Tanaman Tidak hanya itu, menggunakan pot tanaman hias dari barang bekas juga menjadi salah satu cara mempraktikkan gaya hidup berkelanjutan. Pilihan barang bekas yang bisa dijadikan pot tanaman Ada beberapa barang bekas di rumah yang bisa dijadikan pot tanaman.

Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kaleng

Lihat Foto Kaleng bekas dapat dihias menjadi cantik dan dimanfaatkan kembali untuk pot tanaman hias. Hampir setiap rumah memiliki kaleng bekas. Entah itu kaleng susu, kaleng cat, ataupun sisa penggunaan makanan kalengan. Daripada membuangnya begitu saja, kaleng bekas bisa dimanfaatkan kembali dan dipilih sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk membuat kaleng bekas menjadi pot tanaman, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut: Isi kaleng dengan bebatuan untuk membantu memperlancar drainase, Letakkan tanah di atasnya baru kemudian tanaman yang akan kita tanam, Lubangi bagian bawah setiap pot untuk lubang keluar air. Pot dari kaleng bekas cocok untuk diletakkan di pinggir jendela atau balkon kecil untuk mempercantik tampilan rumah. Biasanya, tanaman yang cocok untuk ditanam di pot kaleng bekas ialah tanaman-tanaman hias berukuran kecil seperti kaktus. Baca juga: Tips Memilih Pot Tanaman Gelap atau Transparan untuk Tanaman Hias.

2. Cetakan kue

Barang bekas yang bisa dijadikan pot tanaman berikutnya adalah cetakan kue atau baki yang sudah tidak terpakai. Namun, berbeda dengan kaleng bekas, cetakan kue lebih cocok untuk dijadikan pot untuk menanam benih, bukan tanaman yang sudah agak besar ukurannya. Untuk pilihan tanaman yang ditanam di cetakan kue bekas, Anda bisa memilih tanaman selada karena lebih mudah dan cepat tumbuh. Caranya adalah sebagai berikut: Tempatkan satu sendok tanah ke benih Selanjutnya siram secara teratur agar tanaman tumbuh. Pot tanaman dari cetakan kue ini paling cocok disimpan di dapur atau ambang jendela yang terpapar cahaya matahari tidak langsung.

3. Teko

Lihat Foto Ilustrasi pot tanaman dari teko bekasSelanjutnya ada teko. Ketika teko di rumah Anda mulai kusam dan sedikit rusak, jangan buru-buru dibuang. Teko bekas bisa dimanfaatkan sebagai pot tanaman. Pot tanaman dari barang bekas seperti teko ini, akan terlihat cantik ketika diletakkan di dalam ruangan. Anda bisa memanfaatkannya baik untuk menyiram tanaman maupun menempatkan gelas kecil di dalamnya sebagai pot tanaman. Baca juga: Cara Membuat Tanah Pot Tanaman Berkualitas dan Tahan Lama

4. Wastafel

Barang bekas berikutnya yang bisa dijadikan sebagai pot tanaman adalah wastafel. Meski wastafel bukan benda yang banyak dipunyai di setiap rumah, wastafel bisa dijadikan pot tanaman karena punya cukup ruang dan kedalaman. Tempatkan pot saringan cucian di kebun dengan tanah dan isi dengan bunga atau tanaman favorit lainnya. Wadah bekas yang satu ini juga bisa menjadi rumah yang sangat baik bagi binatang liar. Kita bisa membiarkannya terisi dengan air hujan untuk menciptakan kolam mini di kebun rumah.

5. Botol plastik

Lihat Foto Ilustrasi pot tanaman dari botol plastik bekas. Botol plastik merupakan barang bekas yang sangat mudah didapat dan hampir setiap hari digunakan. Penggunaan botol plastik yang terlalu banyak juga tidak ramah lingkungan karena benda plastik yang satu ini sulit terurai. Karena itu, daripada membuang botol plastik begitu saja ketika sudah digunakan, lebih baik memanfaatkannya menjadi pot tanaman. Baca juga: Cara Mudah dan Aman Mengganti Pot Tanaman   Untuk membuat pot tanaman dari botol bekas, caranya juga tidak sulit. Anda hanya perlu membuat lubang pada bagian bawah botol dan mengisinya dengan tanah. Pot dari botol plastik cocok untuk orang-orang yang hanya punya lahan terbatas atau ingin cara cepat dalam menggunakan barang bekas. Tips tambahan, pilihlah botol yang lebih besar jika ingin menanam lebih banyak.

6. Saringan Lubang-lubang

Dari saringan menjadi alternatif pot tanaman yang sangat baik. Saringan juga bisa menjadi pot tanaman gantung yang cantik dan mencegah tanah tergenang air. Gunakan kembali saringan tua yang tidak lagi digunakan dan amati pertumbuhan tanaman kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.