Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Suka sebel dengan masalah rambut kering dan mengembang karena sudah diatur? Tenang, berikut ini merupakan beberapa cara ampuh untuk mengatasi rambut kering dan mengembang yang bisa kamu coba dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa penyebab rambut kering dan mengembang itu adalah karena kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut, atau rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut). Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, dan kekurangan nutrisi.
Saat ini ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, menerapkan perawatan yang tepat dengan produk perawatan rambut yang sesuai dan masih banyak lagi.

Untuk itu berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi rambut kering dan mengembang agar menjadi lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat berkilau. So let’s check it out guys!

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang
Buat kamu yang memiliki tipe rambut kering dan mengembang, maka hindari untuk mencuci rambut setiap hari atau terlalu sering. Pasalnya, kebiasaan ini justru dapat membuat rambut bertambah kering dan rusak karena menghilangkan sebum atau kandungan minyak alami pada rambut.

Buat pemilik tipe rambut ini sebaiknya mencuci rambut 2-3 kali dalam seminggu, tapi tidak disarankan terlalu jarang keramas karena akan membuatnya bau, lepek, dan gatal pada kulit kepala.

 

2. Gunakan sampo yang tepat


Jangan sekedar keramas untuk membersihkan rambut saja, namun kamu juga harus memperhatikan kandungan sampo yang tepat untuk mengatasi rambut kamu yang kering dan mengembang.

Sebagai informasi, kamu bisa memilih sampo yang mengandung dimethicone. Kandungan ini dapat mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepala.
Kamu juga bisa memilih sampo dengan kandungan cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone yang ampuh menghidari kalian dari ketombe karena kulit kepala yang kering.

3. Gunakan masker rambut sesuai jenis rambutCara ampuh mengatasi rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan menggunakan masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Aplikasikan masker rambut secara merata setelah keramas. Diamkan selama beberapa menit sebelum kembali membilasnya dengan air. Penggunaan masker rambut menjadi salah satu rangkaian perawatan rambut kering dan mengembang yang penting untuk dilakukan.

4. Gunakan vitamin untuk mengatasi rambut kering dan mengembang
Nggak cuma tubuh yang perlu vitamin tambahan, rambut juga membutuhkan vitami yang cukup untuk memberi nutrisi pada kulit kepala dan kesehatan rambut, terlebih buat kamu yang memiliki tipe rambut kering dan mengembang.

Nah vitamin tang tepat untuk masalah rambut ini adalah vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, dan biotin yang berguna agar rambut menjadi lebih sehat. Vitamin-vitamin tersebut juga berguna mempercepat pertumbuhan rambut serta membuat rambut kering dan mengembang menjadi lebih sehat dan berkilau.

5. Gunakan essential oil
Selain menggunakan produk-produk perawatan kulit yang tepat, kamu juga bisa menggunakan cara alami seperti menggunakan essential oil sebagai alternatif untuk mengatasi rambut kering dan mengembang.

Jenis essential oil yang bisa digunakan meliputi minyak lemon, minyak kayu manis, minyak lavender, minyak rosemary, minyak melati, minyak chamomile, tea tree oil, minyak zaitun, serta minyak atsiri. Semua essential oil tersebut ampuh untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang secara alami.

6. Oleskan minyak kelapa alami


Sebagai alternatif lain yang lebih murah meriah, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa adalah emolien alami yang dapat melembapkan rambut kering dan rusak karena panas atau matahari secara alami. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada rambut helai demi helai, lalu pijat kulit kepala untuk memperkuat akarnya. Perawatan rutin dengan minyak kelapa dapat membuat rambut menjali lebih sehat berkilau.

 

7. Oleskan gelatin
Cara mengatasi rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan mengoleskan gelatin. FYI, gelatin merupakan sumber protein yang baik untuk rambut. Kandungan gelatin ini mampu melapisi setiap helai rambut dan melembabkannya, membuat rambut halus dan berkilau. Dengan pemakaian teratur, kamupun bisa mendapatkan rambut sehat yang mudah diatur.

 

8. Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut
Kamu juga harus memberikan perlindungan yang cukup untuk rambut kamu. Jika kulit membutuhkan sunscreen, maka rambut juga membutuhkan alat pelindung dari paparan sinar ultraviolet (UV). Untuk cara paling mudahnya, kamu bisa menggunakan topi setiap melakukan aktivitas di luar ruangan saat siap hari.

Kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut, untuk melindungi rambut kamu dari klorin dan air garam.
Jika rambut kamu sudah terlanjur kering dan mengembang akibat UV, ada baiknya menggunakan masker gel lidah buaya di batang rambut. Ini karena lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik, vitamin, dan mineral tinggi yang dapat menutrisi kulit kepala.

9. Batasi penggunaan alat styling rambut


Buat yang sering menata atau styling rambut dengan alat-alat seperti catokan, hair dryer hingga pengeriting rambut, ada baiknya untuk mulai membatasi pemakaian alat styling rambut tersebut.

Karena jika dilakukan terlalu sering, maka efek panas dari hair dryer dan alat-alat styling rambut tersebut secara terus-menerus dapat mempercepat rambut kehilangan kelembaban alami dan menjadikannya kering dan mengembang.

 

10. Konsumsi makanan sehat
Penting juga untuk memperhatikan makanan yang kita makan setiap harinya. Pasalnya perawatan dari luar saja tidak cukup untuk membuat rambut kering dan mengembang menjadi sehat dan berkilau kembali.

Untuk itu kamu perlu perawatan dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah asupan omega-3 dan antioksidan. omega-3 sendiri bisa kamu dapatkan dari konsumsi ikan salmon, tiram, tuna, sarden, dan ikan kembung. Kandungan omega-3 dari makanan laut ini dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

Sedangkan untuk makanan yang kaya antioksidan, kamu bisa mengonsumsi kenari, kacang merah, brokoli dan tomat. Serta menekankan lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak canola, untuk kesehatan rambut yang lebih baik. Selain itu, mengonsumsi makanan seperti yogurt, bayam, dan wortel pun bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut dari dalam.

 

11. Hindari membilas rambut dengan air panas
Cara ampuh mengatasi rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan menghindari membilas rambut dengan air panas. Ini karena keramas dengan air hangat ataupun panas dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. Bahkan pada kondisi panas tertentu, air tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut serta mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah kering.

Ada baiknya kamu keramas dengan menggunakan air suhu ruangan atau air dingin. FYI, efek relaksasi dari air dingin ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut lebih cepat sehingga bermanfaat untuk merevitalisasi rambut dan mencegah rambut kering dan rusak.

Nah jika rambut kamu terlanjur kering dan mengembang, cobalah untuk keramas dengan air dingin untuk membantu mengunci kutikula rambut, mengembalikan kelembapan, sekaligus memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala.

 

12. Bungkus rambut (teknik plopping dan twisting) daripada membiarkannya kering

Kamu juga bisa mencobannya keringa teknik plopping dan twisting sebagai alternatif untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Plopping sendiri adalah teknik membungkus rambut basah dengan handuk atau kain kaos katun untuk mengeringkan rambut. Teknik plopping cocok dilakukan buat kamu yang memiliki rambut keriting, pasalnya, teknik ini sangat efektif dalam mencegah rambut keriting menjadi kusut dan rentan mengembang setelah keramas.

Sedangkan teknik twisting cocok buat kamu yang memiliki rambut lurus. Teknik twisting ini adalah dengan melakukan blow dry dan membagi rambut menjadi dua bagian. Selanjutnya, lilit rambut perlahan hingga kedua bagian dapat disatukan dan diikat di bawah dagu. Diamkan sekitar 10-20 menit dan lepaskan lilitan rambut. Cara ini akan membuat rambutmu menjadi lebih rapi dan tidak mengembang.

Nah itu dia beberapa cara ampuh dalam mengatasi rambut kering dan mengembang. Penting untuk diingat bahwa sebagian besar masalah rambut kering dan mengembang dapat diatasi sendiri dengan melakukan perawatan yang tepat dan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.