Harga Melambung, Hoaks Seputar Minyak Goreng Tak Terbendung

Harga Melambung, Hoaks Seputar Minyak Goreng Tak Terbendung

 

Harga Melambung, Hoaks Seputar Minyak Goreng Tak Terbendung

 

Minyak goreng belakangan ini menjadi sorotan sebab harganya kian melambung, kondisi ini menimbulkan beragam tanggapan bahkan ditemukan sejumlah hoaks terkait komoditas tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com sejumlah hoaks seputar minyak goreng mulai dari pembagian gratis hingga pristiwa tumpahnya minyak goreng di laut beredar di media sosial.

Peredaran hoaks seputar minyak goreng di media sosial ini harus diwaspadai, agar kita tidak dirugikan karena telah mempercayai informasi yang salah.

Simak hoaks terkini seputar minyak goreng.

1. Video Ini 2.500 Ton Minyak Goreng Tumpah ke Laut

Sebuah video yang diklaim 2.500 ton minyak goreng tumpah ke laut beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 20 Maret 2022.

Video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan tumpahan minyak di atas dek kapal. Video itu kemudian dikaitkan dengan tumpahnya 2.500 ton minyak goreng ke laut.

“VIRAL MINYAK GORENG 2.500 TON TUMPAH KE LAUT SENILAI RP 37 MILIAR, NETIZEN: AKIBAT DZOLIMI KE RAKYAT”

“2500 ton minyak goreng tumpah di laut viral di dunia maya,” tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 121 kali ditonton dan mendapat beragam respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu 2500 ton minyak goreng tumpah ke laut? Simak hasil penelusurannya di sini.

2. Pembunuhan Mursal Reporter Pengungkap Skandal Limbah Minyak Goreng

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tentang pembunuhan reporter bernama Mursal setelah mengungkap skandal limbah minyak goreng.Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi pembunuhan reporter bernama Mursal setelah mengungkap skandal limbah minyak goreng:

“Innalillahi wa inna illaihi raji’un

Sdr.Mursal (reporter)meninggal terbunuh setelah Memaparkan Limbah Minyak Goreng, ditubuhnya terdapat lebih dari 10 tusukan pisau, kematiannya tragis. Untuk seluruh negeri dia telah berupaya memberikan kontribusi kepada lebih dari satu miliar orang dalam upaya keamanan pangan. Untuk kesehatan kita, dia membayar hidupnya yang masih muda. Yang kita bisa lakukan untuknya adalah Forwarding, mengungkapkan rasa terima kasih.

“Ambil minyak goreng dirumah dan masukan ke dalam kulkas selama 2 jam, jika ada busa putih, itu artinya Minyak Goreng Limbah”.

Silakan ungkapkan cinta Anda dan meneruskan informasi ini ke teman dan kerabat.

Seorang Dokter dari PADANG mengatakan, cara termudah untuk mendeteksi apakah itu adalah Minyak Goreng Limbah atau bukan :

“Waktu menumis sayur taruh sedikit bawang putih, bawang putih sangat sensitif terhadap Aflatoksin dan Karsinogenik (penyebab kanker),

kalau bawang putih berubah menjadi merah itu artinya minyak yang dipakai adalah minyak limbah yang mengandung banyak zat karsinogenik (penyebab kanker).Jika minyak yang baik, bawang putih yang sudah ditumis warnanya akan putih.

Dokter menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima info ini dapat diteruskan ke orang lain, tentu minimal satu nyawa akan terselamatkan. Semoga bermanfaat… 🙏”

Benarkah informasi pembunuhan reporter bernama Mursal setelah mengungkap skandal limbah minyak goreng? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

3. Alfamart Bagikan 100 Botol Minyak Goreng Gratis pada 18 Maret 2022

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Alfamart akan membagikan 100 botol minyak goreng gratis pada 18 Maret 2022. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Maret 2022.

Berikut isi postingannya:

“Untuk merayakan berita gembira 23 ulang tahun ALFAMART hanya dalam beberapa hari, kami memiliki kejutan khusus untuk semua orang yang telah membagikan dan berkomentar sebelum 18 Maret pukul 18.00, semua orang yang melakukannya akan menerima paket 100 botol Minyak Goreng GRATIS (pengiriman hari berikutnya).bagikan ke 5 grup aktif untuk validasi diri anda jika anda terpilih maka ikuti langkahnya”

Lalu benarkah postingan yang menyebut Alfamart akan membagikan 100 botol minyak goreng gratis pada 18 Maret 2022?

4. Vladimir Putin Tanggapi Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia

Beredar di media sosial postingan video Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato tentang kelangkaan minyak goreng di Indonesia. Postingan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 3 Maret 2022.

Dalam unggahannya terdapat video Putin sedang berpidato lengkap dengan teks dalam Bahasa Indonesia. Berikut isi teks dalam video itu:

“Seperti yg kita ketahui bersama akhir-akhir ini, Indonesia mengalami kesulitan, mereka mengalami kelangkaan minyak goreng. Semua ini dikarenakan oknum-oknum yang menimbun demi keuntungan pribadi.

Saya sangat prihatin. Maka dari itu saya akan membantu dengan mengirimkan stok minyak goreng dengan kwalitas no 1 dan kita akan kirimkan sniper2 handal untuk menembak para penimbun minyak goreng.

Dan saya pastikan Indonesia akan terhindar dari cukong2 penimbun brengsek itu. Komitmen saya untuk membantu Indonesia sudah jelas. Kedepannya saya pastikan harga minyak goreng di Indonesia MURAH”

Akun itu juga menambahkan narasi, “Pernyataan Putin Tentang langkanya Minyak Goreng..”

Setelah ditelusuri, postingan video Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato tentang kelangkaan minyak goreng di Indonesia adalah hoaks. Faktanya video tersebut adalah saat Putin berpidato dalam Perayaan Kemenangan Rusia ke-71 pada tahun 2016 lalu.

5. Video Minyak Goreng Curah Dicampur Solar Beredar di Masyarakat, Simak Faktanya

Beredar di media sosial postingan video minyak goreng curah yang dicampur dengan solar untuk dijual ke masyarakat. Video itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 28 Februari 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 3 menit 39 detik dengan logo Liputan6.com di sisi kanan atas. Sementara di kanan bawah terdapat logo.

Di dalam video itu terdapat teks sebagai berikut:

“Ya Allah teganya minyak goreng dioplos dengan solar, lebih baik beli yg kemasan mahal tapi dijamin sehat”

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi: “Minyak goreng dioplos dengan solar.Hati2 ya..”

Hingga saat ini postingan itu telah mendapatkan 10 komentar dan dibagikan 66 kali.

Lalu benarkah postingan video minyak goreng curah yang dicampur dengan solar untuk dijual ke masyarakat?

Leave a Reply

Your email address will not be published.